#TVXQ!#

TVXQ

TVXQ
(동방신기/東方神起)
Nama lain Tohoshinki, DBSK, DBSG, TVfXQ, THSK
Asal Bendera Korea Selatan Korea Selatan
Genre Pop, R&B, dance, electronica,hip hop, K-pop
Tahun aktif 2003 – sekarang
Label Bendera Korea Selatan SM Entertainment

Bendera Jepang Avex Trax/Rhythm Zone

Artis terkait SMTown
Situs web [1]
toho-jp.net
avex.com.tw/tvfxq
Anggota U-Know Yunho
Max Changmin
Mantan anggota Hero Jaejoong
Micky Yoochun
Xiah Junsu
TVXQ
Hangeul 동방신기
Hanja 東方神起
Alih Aksara yang Disempurnakan Dongbangsin-gi
McCune–Reischauer Tongbangshin-gi
Artikel ini memuat Teks Korea. Tanpa dukungan multibahasa, Anda mungkin akan melihat tanda tanya, tanda kotak, atau karakter lain selain dari Hangul atau Hanja.

TVXQ, yang merupakan singkatan dari Tong Vfang Xien Qi (bahasa Tionghoa:東方神起) [1], adalah grup pop asal Korea Selatan yang dibentuk pada tahun 2003 dibawah manajemen SM Entertainment. Penulisan nama mereka sering juga dimodifikasi menjadi TVXQ!. Di Korea Selatan, mereka dikenal dengan nama Dong Bang Shin Ki [2] (bahasa Korea:동방신기), atau sering juga disingkat menjadi DBSK; dan di Jepang, mereka dikenal dengan nama Tohoshinki (bahasa Jepang:東方神起). Arti dari nama mereka dalam 3 bahasa semuanya berarti “Dewa-Dewa yang Terbit dari Timur”.[3][4]

Grup ini memulai debutnya pada tahun 2003 dengan 5 anggota yang terdiri dari leader U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xiah Junsu. Pada Juli 2009, 3 anggota TVXQ (Jaejoong, Yoochun, dan Junsu) menuntut manajemen Korea mereka, SM Entertainment, ke meja pengadilan. Hal ini menyebabkan segala aktivitas publik dan kemunculan TVXQ setelah tahun 2009 terhenti. Setelah sempat hiatus selama 2 tahun 3 bulan, TVXQ kembali muncul ke dunia industri musik sebagai duo yang terdiri dari Yunho dan Changmin.

TVXQ merupakan salah satu artis Asia tersukses yang pernah ada. TVXQ telah diberi gelar sebagai “Bintang Asia”[5] dan “Raja Korean Pop dan Hallyu Wave” dikarenakan oleh kesuksesan dan kontribusinya yang begitu besar terhadap Korean pop.[6][7][8] Semenjak debut mereka, TVXQ telah merilis 5 album Korea, 5 album Jepang, hingga lebih dari 20 singel Korea dan 30 singel Jepang. Berdasarkan tangga lagu musik Gaon, hingga Maret 2012, TVXQ telah berhasil menjual lebih dari 10,1 juta kopi album, singel, dan DVD selama karir mereka di Korea dan Jepang, dan ini tidak termasuk penjualan album dari negara lainnya di Asia maupun internasional.[9] Setelah memperoleh popularitas yang begitu besar, TVXQ juga disebut-sebut telah menjual lebih dari 20 juta kopi album, singel, DVD, hingga buku terbitan mereka sendiri di seluruh dunia. Ini membuat TVXQ menjadi artis Korea tersukses di Asia bahkan seluruh dunia hingga saat ini. Album TVXQ, Best Selection 2010 telah memecahkan berbagai rekor sebagai artis asing pria pertama yang berhasil meraih angka penjualan sebanyak 700.000 di Jepang.[10] TVXQ memiliki dua fanclub resmi di Korea dan di Jepang, yang dikenal baik dengan nama Cassiopeia dan BigEast, dimana fanclub ini pernah tercatat dalam Guinness World Record pada tahun 2008 dikarenakan oleh jumlah anggotanya yang begitu banyak dan dikenal sebagai salah satu fanclub terbesar di dunia dengan 1,5 juta fans di Asia dan 5,5 juta di seluruh dunia.[11]

TVXQ menempati puncak tangga lagu mingguan Oricon sebanyak 9 kali, termasuk singel terbaru mereka saat itu, “Keep Your Head Down” dari album dengan nama yang sama di Jepang yang telah memperpanjang rekor mereka sebagai artis asing dengan singel paling banyak menempati peringkat pertama di Jepang.[12] Pada tahun 1968, untuk pertama kalinya terjadi di Oricon, jumlah penjualan singel dari seorang artis asing pernah tercatat mencapai lebih dari 200.000 kopi dalam satu minggu. Hal yang sama terjadi kembali, kali ini lebih banyak, saat TVXQ menjual lebih dari 256.000 unit singel mereka yang berjudul “Break Out!”.

Pada tahun 2011, TVXQ kembali ke dunia industri musik sebagai duo dan merilis album pop Korea mereka, Keep Your Head Down, yang menempati peringkat ke-1 tangga lagu musik Gaon selama 2 minggu setelah rilis. Album studio Jepang mereka, TONE, dirilis pada 28 September 2011, dan berhasil menjual sekitar 205.000 kopi dalam satu minggu dan meraih peringkat ke-1 dalam tangga lagu mingguan maupun bulanan Oricon. Semenjak kemunculan mereka kembali, TVXQ telah menjual lebih dari 1 juta kopi album Korea, album Jepang, dan singel Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s