#Girl’s Generation#

Girls’ Generation
Latar belakang
Nama lain SNSD, So Nyeo Shi Dae, SoShi, Shoujo Jidai, GG
Asal Seoul, Korea Selatan
Genre K-pop
Tahun aktif 2007–sekarang
Label S.M. Entertainment
Universal Music
Nayutawave (Jepang)
Interscope (Amerika Serikat)
Polydor (Perancis)
Artis terkait Girls’ Generation-TTS, SM Town
Situs web girlsgeneration.smtown.com (Korea)
girls-generation.jp (Jepang)
girlsgenerationusa.com (Amerika Serikat)
Anggota Taeyeon
Jessica
Sunny
Tiffany
Hyoyeon
Yuri
Sooyoung
Yoona
Seohyun
Nama Korea
Hangeul 소녀시대
Hanja 少女時代
Alih Aksara yang Disempurnakan Sonyeo Shidae
McCune–Reischauer Sonyŏ Shidae

Girls’ Generation (소녀시대; Sonyeo Shidae) adalah girlband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment pada tahun 2007.[1][2] Mereka juga dikenal dengan nama SNSD atau SoShi (소시), keduanya merupakan singkatan dari nama grup ini dalam bahasa Korea. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Taeyeon, Jessica, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.

Girls’ Generation sudah mulai menarik perhatian di awal karier mereka lewat lagu-lagu seperti “Into the New World” dan “Kissing You“, namun baru pada tahun 2009 mereka meraih popularitas yang signifikan lewat singel “Gee“, yang kemudian dinamai sebagai Song of the Decade di Korea Selatan.[3] Grup ini semakin memantapkan posisi mereka di industri musik Korea dengan singel-singel berikutnya seperti “Tell Me Your Wish (Genie)“, “Oh!, “Run Devil Run“, dan “Hoot“. Pada tahun 2011, mereka kembali ke kancah musik Korea dengan lagu “The Boys” yang dirilis dalam tiga bahasa: Korea, Jepang, dan untuk pertama kalinya, Inggris. Dalam rentang waktu lima tahun, grup ini telah berhasil menjual total sebanyak 4,4 juta album dan 30 juta singel digital.[4][5] Popularitas yang sangat tinggi di Korea Selatan berhasil mengantarkan mereka meraih titel “The Nation’s Singers” dan “The Nation’s Girl Group“.[6] Sisa Journal menamakan grup ini sebagai entertainer paling berpengaruh pada tahun 2011 dan 2012, menjadikan mereka sebagai grup wanita pertama dalam sejarah yang berhasil masuk daftar tersebut.[7] Asia Today menempatkan mereka di peringkat ke-44 dalam daftar 50 Korean Power Leaders pada tahun 2011.[8] Forbes juga menyatakan grup ini sebagai most powerful entertainers di Korea Selatan untuk tahun 2011.[4]

Girls’ Generation memulai debutnya di kancah musik Jepang pada tahun 2010 di bawah naungan label Nayutawave Records dengan merilis versi bahasa Jepang dari lagu hits mereka “Tell Me Your Wish (Genie)” dan “Gee”. Album pertama mereka di Jepang, Girls’ Generation yang dirilis pada bulan Juni 2011 merupakan album oleh sebuah grup asal Korea yang paling banyak terjual dalam sejarah tangga lagu Oricon.[9]

Pada bulan April 2012, S.M. Entertainment membentuk Girls’ Generation-TTS, sub-unit pertama grup ini yang beranggotakan Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun. Album mini mereka, Twinkle, berhasil mencapai peringkat ke-126 di Billboard 200 yang merupakan posisi tertinggi yang pernah dicapai oleh album K-pop di chart tersebut sampai saat ini.[10]

Pada Januari 2013, kelompok melakukan comeback di Korea dengan album studio keempat (enam keseluruhan) I Got a Boy, yang segera menjadi hits domestik dan global, menerima all-kill pada chart Korea[11] dan debut di #1 di chart Billboard “World Albums”.[12] Peluncuran album ini diikuti dengan serangkaian pertunjukan live. Kelompok ini juga akan memulai Second Japan Arena Tour mereka pada Februari 2013.[13]

Iklan

 

Girls’ Generation menampilkan singel “Chocolate Love” di sebuah acara LG. Lagu adalah lagu promosi untuk LG Chocolate phone.

Selama awal karier mereka, Girls’ Generation adalah bintang iklan untuk beberapa merek seperti Elite Uniform,[215] Nexon Bubble Fighter,[216] Samsung dan LG.[217]

Dari 2008 mereka menjadi model eksklusifuntuk Goobne Chicken[218] dan telah difilmkan beberapa iklan untuk merek, jingle direkam untuk keperluan periklanan, dan model untuk kalender Goobne promosi. Goobne Chicken sejak itu telah menjadi pesaing kuat di industri ayam dan atribut kesuksesan mereka kepada kelompok.[219]

Beberapa anggota adalah model iklan tunggal seperti Seohyun, yang memodelkan untuk Clean and Clear dan The Face Shop,[220] Taeyeon memodelkan untuk A-Solution, merek kosmetik,[221] Yuri memodelkan untuk Mamonde, Yoona memodelkan untuk S-Oil,[222] EIDER, FreshLook Illuminate[223],Innisfree dan Clean and Clear, Jessica untuk Hyundai & Banila Co[224] dan Sooyoung untuk Llang. Bersama dengan Super Junior, mereka juga ditunjuk sebagai model eksklusif untuk merek ritel sebagian SM Entertainment milik SPAO.[225] Mereka mengiklankan merek pakaian, permainan online,[226] food industries,[227] acara, elektronik, kosmetik, dan bahkan produk disediakan untuk para selebriti untuk mendukung produk seperti minyak bumi dan kartu kredit. Karena itu, kelompok itu dianggap sebagai salah satu yang paling dicari sebagai model iklan pada tahun 2009[228] dan pada pertengahan tahun 2009 para anggota kelompok adalah model untuk lebih dari 10 merek dan terpilih sebagai salah satu dari Korea Selatan yang paling dicari setelah pengiklan dalam survei yang dilakukan oleh Brand Consulting Research Institute.[229] Kelompok ini terus aktif dalam iklan tahun 2010, mendukung merek dan produk termasuk Nintendo DSi[230] and Domino’s Pizza.[231] Juga, komersial Caribbean Bay berfitur Yuri, Yoona dan Seohyun bersama dengan anggota 2PM Nichkhun, Taecyeon dan Chansung. Lagu berjudul “Cabi Song” dirilis dengan video dinyanyikan oleh Taeyeon, Jessica, Tiffany dan Seohyun dan anggota 2PM lainnya. Video dirilis di YouTube, namun, setelah memiliki resepsi campuran setelah rilis, versi kedua dirilis. Namun, beberapa dari versi aslinya tetap ada. Pada akhir tahun 2010, sebuah perusahaan sertifikat hadiah mulai merilis sertifikat hadiah masing-masing senilai 10.000 yang menampilkan gambar Girls ‘Generation pada kartu, membuat mereka menjadi yang pertama yang akan tampil seperti selebriti.[232] Portal web Korea Daum juga mulai menggunakan kelompok sebagai model sementara renovasi layanan tertentu dan mesin pencari pada awal Oktober 2010, dan dirilis wallpaper desktop dan screensaver Girls’ Generation untuk promosi.[233] Sebuah survei yang dilakukan pada Desember 2010 melihat 409 dari 741 karyawan pemasaran memilih Girls’ Generation sebagai model dengan pengaruh paling atas konsumen, menghubungkan perhatian positif kelompok dari masyarakat untuk vokal mereka, penampilan, dan selera mode.[234]

Girls’ Generation telah membuat banyak iklan untuk pasar Korea, termasuk yang satu ini untuk LG Cookie.

Pada 2011, Intel Asia mengumumkan bahwa kelompok akan menjadi model resm untuk perusahaan mereka.[235] Pada Maret 2011, kelompok mulai mengiklankan merek untuk minuman berenergi Vita500 sebagai bagian perayaan ulang tahun Vita500 ke-10th[236] dan poster eksklusif Vita500 dari Tiffany, Yuri dan Yoona dirilis.[237] Anggota Yuri, Sunny, Jessica, Tiffany, Sooyoung, dan Hyoyeon dijadikan model untuk Christian Dior. Yoona, Seohyun dan Taeyeon bukan model, karena kontrak kosmetik lainnya. Woongjin Coway yang memilih kelompok sebagai model eksklusif mereka untuk mendukung pemurni air mereka. Kontrak mereka dimulai pada tanggal 1 Maret 2011 dan berlangsung sepanjang tahun, dengan iklan-iklan TV dimulai pada pertengahan Maret.

Di Jepang, kelompok mengiklankan merek permen tenggorokan E-ma Nodoame.[238] Mereka mengiklankan teh Lipton dengan lagu “Let It Rain” dan “Mr. Taxi” digunakan sebagai musik latar belakang.[239] Pada Juli 2011, bersama dengan labelmate mereka TVXQ, mereka mulai mengiklankan produk Jepang 7-Eleven fitur dengan versi Jepang dari lagu “Hoot” di iklan.[240] Mereka ditunjuk sebagai model untuk J.ESTINA pada Oktober 2011. Seohyun diangkat sebagai utusan UNICEF saat bulan yang sama. Ini merupakan prestasi penting, karena hanya mereka yang memiliki reputasi terhormat ditunjuk sebagai perwakilan Goodwill. Dua bulan kemudian pada tanggal 15 Desember, JCE memilih Girls’ Generation sebagai model untuk merek permainan dibundel wakil mereka, “Freestyle Sports”, untuk musim dingin.

Kelompok ini terpilih sebagai duta kehormatan untuk kampanye “Visit Korea 2010 – 2012” Korea, dipimpin oleh Ibu Negara Korea Selatan, Kim Yoon-ok. Kampanye adalah upaya oleh pemerintah Korea untuk menarik setidaknya 10 juta pengunjung asing ke negara itu pada akhir 2012, dengan kelompok berinisiatif muncul popularitas di seluruh dunia mereka pada waktu itu.[241]

Girls’ Generation menjadi model untuk LG Cinema 3D TV.

LG Electronics Korea mengumumkan pada 16 Januari, 2012 bahwa Girls’ Generation dipilih sebagai model baru untuk merek LG Cinema 3D TV.

Pada tanggal 5 Maret, perwakilan dari Gangnam-gu di Seoul mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa Girls’ Generation akan menjadi duta kehormatan untuk kota mulai pada tanggal 7 Maret 2012. Pada bulan yang sama, Lotte mengumumkan bahwa kelompok itu dipilih untuk menjadi model baru untuk Lotte Department Store. Mereka juga dipilih untuk menjadi model untuk BED ACE. Pada tanggal 14 April, Girls’ Generation yang ditunjuk sebagai duta besar baru untuk Asosiasi masyarakat retinitis pigmentosa Korea, masyarakat yang didedikasikan untuk membantu menemukan obat untuk kebutaan. Mereka juga telah dipilih sebagai bintang iklan terbaru untuk Korea Yakult.

Pada September 2012, Tiffany memulai promosi untuk merek busana Bean Pole.[242] Girls’ Generation menjadi bintang iklan parfum GiRL de Provence dari 10 Corso Como.[243] Merek elektronik, Casio, ditunjuk kelompok sebagai bintang iklan bagi merek jam tangan, Baby-G perusahaan. Kontrak dijadwalkan berlangsung lebih dari satu tahun, dan Casio berharap untuk memiliki peningkatan lima puluh persen dalam penjualan untuk 2013, dibandingkan dengan dari 2011.[244] G-Star Raw Japan memilih Girls’ Generation, sebagai inspirasi bagi 2013 Spring/Summer mereka.[245]

Pada Januari 2013, Jessica, bersama dengan saudara perempuannya Krystal, menjadi wajah baru merek perhiasan, Stonehenge.[246]

Filantropi

Girls’ Generation mengadakan kampanye sumbangan pada tanggal 4 Februari 2010 dengan situs musik Lunchbox untuk kampanye “Music Dream”. Tiga persen dari harga pembelian disumbangkan ke Make-A-Wish Foundation Korea. Sebagian dari pendapatan dari singel Jepang mereka “Mr. Taxi/Run Devil Run“, dirilis 27 April 2011, disumbangkan untuk Palang Merah dalam rangka memberikan bantuan bagi para korban gempa dan tsunami Tohoku 2011.[247][248]

Pada tanggal 9 Agustus 2011, mereka, dan pasangan label mereka f(x) dan SHINee, mengambil bagian dalam upaya untuk membantu anak-anak Afrika. Kelompok-kelompok yang bergabung dengan Sekretaris Jenderal Bangsa Amerika, Ban Kimoon, dalam ‘Bantuan Anak Afrika’ proyek yang diselenggarakan oleh Palang Merah Korea dan komite UNICEF Korea.[249]

Kelompok, bersama dengan Super Junior, tampil di episode spesial KBS ‘Love Request’ yang disiarkan 17 September 2011, di mana mereka mengundang seorang gadis berusia 11 tahun Kamboja dengan kondisi jantung yang melekat dan seorang anak tunanetra untuk terbang ke Korea untuk menerima pengobatan, serta seorang gadis muda dari Korea yang pernah tinggal di sebuah hotel dengan ibunya yang janda sepanjang hidupnya. Kedua kelompok juga berpartisipasi dalam donor darah di KBS Hall. Selama siaran 85 menit, lebih dari 32 juta won (US$29.000) dinaikkan.[250] Di bulan yang sama, Woongjin Coway menggelar acara “Beautiful Auction” di Times Square di Yeongdeungpo dengan Girls’ Generation pada 27 September 2011 untuk membantu perempuan yang diabaikan.

Pada April 2012,Asosiasi Korea Melawan Kebutaan mengumumkan bahwa kelompok akan menjadi wajah resmi gerakan mereka.[251] Selain itu, anggota Taeyeon, Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun ditunjuk sebagai duta untuk Masyarakat Pigmentosa Korea Retinitis (MPKR), sebuah organisasi non-profit yang dipimpin oleh ayah Sooyoung, Choi Jungnam, yang menyediakan bantuan dan konseling kepada korban pigmentosa retinitis, sebuah penyakit mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan yang parah.[252] Pada tanggal 17 Agustus 2012, terungkap bahwa pakaian Girls’ Generation akan dikirim ke organisasi filantropi dan disiapkan untuk lelang. Uang tersebut kemudian disumbangkan untuk tujuan baik.[253] Pada minggu yang sama, Korean Post mengumumkan bahwa keuntungan dari perangko resmi kelompok akan disumbangkan untuk amal, ‘Merry Year’.[142]

Girls’ Generation menyumbangkan delapan ton beras untuk membantu mereka yang membutuhkan. Hal itu terungkap bahwa melalui sumbangan beras yang dibuat oleh kelompok pada tanggal 5 Desember 2012, 66.400 orang yang membutuhkan bisa menerima makanan hangat. Beras yang disumbangkan berasal dari beras yang disampaikan kepada anggota Girls’ Generation di berbagai konferensi pers sebagai dukungan oleh fans. Beras itu dibagikan kepada anak-anak kurang makan, orang tua tanpa keluarga, dan orang-orang yang cacat.[254]

Diskografi

Korea

Album studio
Album mini

Jepang

Album studio
Singel

Amerika

Album studio
  • 2013: TBA
Singel

Konser

Partisipasi dalam konser lain

Filmografi

Film

Tahun Judul Peran Anggota Catatan
2007 Attack on the Pin-Up Boys Ballerina Yuri Cameo
2008 Hello, Schoolgirl Jeong Da-jeong Sooyoung Film adaptasi dari sebuah webcomic Korea
2010 Despicable Me Edith Seohyun Pengisi suara Korea
Margo Taeyeon
2012 Koala Kid: Birth of A Hero Miranda Sunny
I AM. Diri mereka sendiri Semua Dokumentasi SMTown
SMTOWN Live in Tokyo Special Edition in 3D Diri mereka sendiri Semua; kecuali Sooyoung Film 3D dari SMTown Live ’10 di Jepang

Drama

Tahun Judul Peran Anggota Catatan
2007 Kimcheed Radish Cubes Diri mereka sendiri Semua Cameo
9 Ends 2 Outs Shin Joo-young Yoona Peran pendukung
2008 Woman of Matchless Beauty Mi Ae Yoona Peran utama
Unstoppable Marriage Yuri dan Sooyoung sebagai diri mereka sendiri; lainnya sebagai Bool Gwang Dong Semua Diadaptasi dari film tahun 2007 dengan nama yang sama
You Are My Destiny Jang Sae-byuk Yoona Peran utama
2009 Taehee, Hyekyo, Jihyun! Sunny sebagai pelayan, Jessica sebagai guru bahasa Inggris Jessica, Sunny Cameo
Cinderella Man Seo Yoo-jin Yoona Peran utama
2010 Oh! My Lady Diri mereka sendiri Jessica, Sooyoung, Hyoyeon Cameo di episode 7
2011 Sazae-san 3 Diri mereka sendiri Semua Cameo
Paradise Ranch Miss Soo Sooyoung Cameo di episode 3
2012 Wild Romance Kang Jong-hee Jessica Peran pendukung
Salamander Guru and The Shadows Teman Min-hyuk Taeyeon Cameo di episode 3
Fashion King Choi Anna Yuri Peran utama
Love Rain Kim Yoon-hee/Ha Na Yoona Peran utama
A Gentleman’s Dignity Dirinya sendiri Sooyoung Cameo
The 3rd Hospital Lee Eui-jin Sooyoung Peran utama
ENT Diri mereka sendiri Semua Webtoon

Acara realitas dan varietas

Tahun Judul Anggota Note
2007 Girls’ Generation Goes to School Semua Serial TV pre-debut
Girls’ Generation Semua Narator oleh Sungmin dari Super Junior
2008 Factory Girl Semua
2009 We Got Married Season 1 Taeyeon
Intimate Note Semua; kecuali Tiffany Tiffany tidak hadir karena harus kembali ke U.S untuk menghadiri pemakaman kakeknya
Girls’ Generation’s Horror Movie Factory Semua; kecuali Yoona Anggota Yoona tidak hadir karena mengikuti kasting drama Cinderella Man
Himnaera Him! Semua Menempati “Horror Movie Factory” dengan rating rendah
Girls’ Generation’s Hello Baby Semua Bagian dari serial MBC Hello Baby
2009-2012 Show! Music Core Tiffany Host
2009-2010 The M Sunny Host
Invincible Youth Sunny, Yuri
Show! Music Core Tiffany, Yuri Host
2010 Win Win Taeyeon Host
Happy Birthday Jessica
Family Outing 2 Yoona
Right Now It’s Girls’ Generation Semua Aktivitas selama 2007 – 2010
2010-2011 We Got Married Season 2 Seohyun
2011 Girls’ Generation Star Life Theater Semua Mengikuti grup selama perilisan “The Boys”
Girls’ Generation and the Dangerous Boys Semua Memimpin program akhir pekan di JTBC
Girls’ Generation’s Christmas Fairy Tale Semua Spesial MBC Christmas
2011-2012 Invincible Youth 2 Sunny, Hyoyeon Sunny keluar pada Juli 2012
2012 Dancing with the Stars 2 Hyoyeon Kontestan; tempat kedua
2012-current Midnight TV Entertainment Sooyoung Host
Invincible Youth 2 Hyoyeon
Show! Music Core Tiffany, Seohyun, Taeyeon Host

Penghargaan

Fanclub

  • Nama fanclub resmi: S♡NE (SONE, dibaca sowon (소원) yang berarti harapan)
  • Warna fanclub resmi: pastel rose pink     [255]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s